Waterpass / Automatic Level

Waterpass atau Automatic Level adalah alat survey untuk melakukan leveling survey kemudian auto level ini berfungsi untuk menentukan sebuah jarak horizontal ataupun jarak vertikal suatu titik tertentu.

Supaya waterpass atau auto level ini bisa di fungsikan dengan sangat baik. Oleh karena itu diperlukan subah aksesoris tambahan yaitu tripod.

Tripod Survey ini berfungsi untuk meletakan automatic level tersebut dan sebuah rod yang berdiri di titik yang berfungsi sebagai titik sasaran yang akan di teropong atau di analisis hasil jarak horizontal maupun vertikal yang maksimal.

Jual Automatic Level / Waterpass / Auto Level

Jika anda saat ini sedang mencari dan ingin beli waterpass dengan harga jual automatic level murah beli mudah bergaransi 1 tahun pembelian online 100% aman hanya di masteralatsurvey.com yang bisa anda dapatkan dengan gratis ongkir ke seluruh indonesia.

Harga Waterpass / Automatic Level

Kami siap memberikan harga waterpass atau auto level dengan terjangkau dan benar-benar kami bisa menyesuaikan dengan anggaran atau budget yang anda miliki tentunya dengan support garansi serta pembelian aman disini.

Daftar Harga Automatic Level Terbaru November 2021

Harga Automatic Level Topcon ATB4A Rp. 5.500.000
Harga Automatic Level Sokkia B40A Rp. 6.500.000
Automatic Level / Waterpass Minds AT28 Rp. 3.500.000

Data update terakhir pada 01/11/2021

Untuk merek theodolit lainnya atau type yang tidak terdaftar di atas anda bisa hubungi marketing kami.

Cara Menggunakan Automatic Level / Waterpass

Untuk penggunaan auto level / waterpass ini bisa di kelompokan menjadi beberapa kelompok yaitu :

  1. Dumpy Level – ini settingan teropong bersama nivo disatukan, setelan posisi teropong di lakukan menggunakan pengaturan tiga skrup.
  2. Nivo Refreksi (Wye Level) – ini setingan teropong yang bisa di putar pada sumbu yang memanjang.
  3. Dumpy Tilting Level – pada tipe ini sumbu teropong dapat di setting dengan menggunakan sekrup pengungkit (tilting screw).
  4. Tipe Otomatis (automatic level) di tipe ini posisi sumbu teropong akan horizontal secara otomatis dikarenakan sudah dilengkapi oleh prisma yang ditempelkan pada plat baja.
  5. Hand Level – model ini hanya teropong lengkap dengan nivo penggunaannya juga sangat mudah hanya pegang aja oleh tangan kamu.

Automatic Level / Waterpass atau merupakan sipat datar tujuannya untuk nentuin beda tinggi antara titik-titik pada permukaan atas permukaan bumi secara akurat.

Tinggi sebuah objek di atas permukaan bumi ditentuin dari sebuah bidang referensi, yaitu bidang yang tingginya dianggap nol.

Dalam geodesi, bidang ini dianggep sebagai bidang geoid, yaitu bidang equipotensial yang berdekatan sama permukaan air laut rata-rata (mean sea level).

Bidang equipotensial bisa juga di sebut bidang nivo. bidang ini suka tegak lurus dengan arah gaya berat dimana saja di permukaan bumi ini.

Supaya bisa digunakan dilapangan, alat survey waterpass / automatic level harus mengikuti syarat tertentu, mulai dari syarat utama yang tidak bisa ditawar lagi atau syarat tambahan yang difungsikan untuk memberikan kelancaran proses pengukuran di lapangan.

Berikut ini syarat wajib penggunaan alat waterpass / automatic level adalah :

  • Persyaratan dinamis : sumbu I vertikal
  • Persyaratan statis, diantaranya adalah :
    • Garis bidik teropong sebaris dengan garis arah nivonya.
    • Garis arah nivo tegak lurus di sumbu I
    • Garis mendatar diafragma tegak lurus sumbu I

Susunan persyaratan statis ini memang seperti itu, namu supaya settingan lebih sistematis dan tidak diulang-ulang, susunan setingannya dibalik dari poin 3 ke 1.

1. Atur garis mendatar diafragma tegak lurus sumbu I

Biasanya garis mendatar diafragma (benang silang mendatar) telah dibuat tegak lurus sumbu I oleh pabrik yang produksi alat ukur waterpass / automatic level.

2. Setting garis arah nivo tegak lurus sumbur I

Di alat survey waterpass / autolevel semua tipe semua tanpa skrup ungkir, sarat ini sangat penting sekali. Namun pada alat waterpass dengan skrup ungkit, sarat ini aga sedikit longgar dikarenakan ada sedikit pergesera nivo dalam pegukuran, dapat kita seimbangkan dengan skrup ungkit ini.

Maksud dari persyaratan ini ialah jika sumbu I telah dibuat vertikal, mau kemanapu teropong itu kamu putar, gelembung nivo tetap akan seimbang. ini berarti garis bidik selalu bersifat mendatar karena garis bidik telah dibuatkan sejajar dengan garis nivo.

3. Membuat garis bidik sejajar garis arah nivo

Pada alat survey waterpass / auto level, yang kamu butuhkan ialah garis bidik datar. untuk mengetahui apakah garis bidik sudah benar-benar mendatar atau belum digunakan nivo tabung.

Jikalau gelembung nivo seimbang, garis arah nivo dia akan mendatar, dengan begitu jika kamu bisa buat garis bidik sejajar sama garis arah nivo, garis arah nivo pasti akan mendatar.